Rabu, 18 Desember 2024

Konsep Media Pembelajaran

 


 KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN 


1. Pengertian Media Pembelajaran

        Kata “media” berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk dari “medium”, secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Secara garis besar media adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Dalam pengertian ini guru, buku teks dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebih khusus pengertian media dalam proses pembelajaran cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis, atau elektronis, untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual dan verbal.  

    Media pembelajaran dapat didefinisikan sebagai alat bantu berupa fisik maupun non fisik yang sengaja digunakan sebagai perantara antara tenaga pendidik dan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Sehingga materi pembelajaran lebih cepat diterima peserta didik dengan utuh serta menarik minat peserta didik untuk belajar lebih giat.

2. Hakikat Media Pembelajaran

    Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi dari pengirim ke penerima, dengan tujuan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa.

3. Kedudukan Media Dalam Pembelajaran IPS

    Memiliki kedudukan yang penting karena berperan sebagai alat bantu yang integral, media pembelajaran memiliki beberapa poin penting dalam kedudukannya:

    a. Media pembelajaran digunakan untuk memudahkan komunikasi antara guru dan siswa, sehingga informasi dapat diterima dengan lebih efektif.

    b. Penggunaan media dapat membantu dalam proses komunikasi antara penyampai dan penerima pesan, memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan.

    c. Penggunaan media diharapkan meningkatkan motivasi belajar siswa, membuat proses belajar lebih menyenangkan dan menarik.

 d. Melalui media, persepsi setiap siswa dapat disamakan, sehingga semua siswa memiliki pemahaman yang sama tentang materi yang dipelajari.

4. Karakteristik Media Dalam Pembelajaran IPS

    Karakteristik media pembelajaran IPS dapat dibagi menjadi beberapa aspek:

    a. Media pembelajaran IPS selalu bersifat dinamis, artinya selalu berubah sesuai dengan tingkat perkembangan masyarakat baik pada aspek materi, pendekatan, dan tujuan pembelajaran.

    b. Media pembelajaran digunakan untuk memudahkan komunikasi antara penyampai dan penerima pesan, sehingga informasi dapat diterima dengan lebih efektif.

    c. Media pembelajaran IPS mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu seperti ekonomi, geografi, dan sejarah. Hal ini memungkinkan siswa untuk memahami hubungan antar berbagai aspek sosial dan kemasyarakatan, serta bagaimana mereka saling mempengaruhi.

  d. Kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Ini membantu siswa untuk mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman nyata mereka, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

5. Manfaat Media Pembelajaran IPS

    Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Tetapi lebih khusus ada beberapa manfaat media yang lebih rinci misalnya, mengidentifikasikan beberapa manfaat media dalam pembelajaran yaitu:

    a. Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan.

    b. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik.

    c. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif.

    d. Efisiensi dalam waktu dan tenaga.

    e. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

    f. Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

    g. Media dapat menumbuhkan sikap positif terhadap materi dan proses pembelajaran.

    h. Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.  


Tidak ada komentar:

Pembelajaran Berbasis Blog

  Pembelajaran Berbasis Blog       Blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah...